PLIN-PLAN, GO A HEAD

CANDITA #20

 

 

 

“Pagiiiiii…”

Begitu biasanya Tim Pandu Out Bound pas ngasih materi Team Building mengawali sapaan ke pesertanya. Gak kenal waktu. Nggak subuh, nggak siang, nggak sore atau malam, yang mereka bilang selalu: “Pagiiiiiiiiiiiii”, duasar ga kenal waktu ini orang, tapi alasannya emang logis sih, “Supaya hari-hari kita selalu semangat, seperti semangat di pagi hari…” boleh juga tuh alasan.

 

Nah, kalo ‘pagiiii’ yang ini bukan berasal dari Tim Out Bound, tapi buat pemecah kebekuan (ice breaking) otak gw yang sudah 4 bulan gak berhasil ngegoresin apapun. Huff… terlalu banyak alasan, sibuk lah, capek lah, ga ada waktu lah. Difikir-fikir sok sibuk banget sih gw nih… hahahayyy…

 

Okelah, kita lupain kesibukan pekerjaan sejenak, dan mari kita berbagi cerita… (Yuk, mariiii)

 

Ada yang lucu n menarik buat disharing di sini. Kemaren, pas hadir di acara HUT Ke-5 sebuah kantor, gw ketemu sama temen sepesantren yang sekarang sibuk proyek sana proyek sini, maksudnya sibuk nyari duit di proyek. Namanya M******* (tiiiiiiiittt, sensor ah, jangan sebut nama yah, soalnya bakal ada cerita ‘unik’ nantinya hehe)

 

Pertemuan gw dan sohib itu pas di pojok kiri belakang kantor tadi. Kaget banget gw pas liat dia lagi nongkrong sambil ngerokok Star Mild (sebut brand dapet royalty nih kudunya hahayyy)… Sembari ngisep ‘tuhan 9 cm’ itu, sohib gw cerita ngalor ngidul soal perjalanan hidupnya mulai dari yang bukan siapa-siapa, sampe sekarang udah jadi siapa-siapa (emang selama ini lo siapa, sob? Heuheuheu).

 

Tiba-tiba, semuanya seperti di film-film. Suasana langit membiru. Awan bergerak berakan tak tentu arah. Suara angin tak terdengar kecuali kicauan burung yang tak nampak. Dan, dengan penuh makna sohib gw bilang: “Mink…, gw denger lo jadi cakim yah? Gw denger lo bakal di tempatin jauh yah? Harus ditempatin di luar jawa?”

 

Pertanyaan-pertanyaan itu sebenarnya pertanyaan biasa aja sih. Cuma yang gw bingung, kenapa itu pertanyaan disampein dengan nada serius oleh orang yang biasanya seneng becanda??? Untuk mempermudah semuanya, gw jawab rentetan pertanyaan itu dengan satu jawaban simple, padat, dan berisi: YUP!

 

Eeehh.. ga nyangka dia bakal ngerespon jawaban gw dengan nada yang lebih serius dari sebelumnya. Dia bilang lagi: “Mink.. gw tuh sebenarnya kasian sama lo.” Denger kalimat ini gw mulai geram, gw udah berfikiran macem-macem ama tuh orang, emangnya gw cowok apa aja (eh, cowok apaan) pake dikasihani segala. Huh, esmosi udah sampe ke ubun-ubun nih.

 

Gak lama setelah itu, sohib gw nglanjutin omongannya: “Dulu, lo sekolah SMP n SMA di Gintung, jauh dari orang tua. Trus lo kuliah di Mesir, juga jauh dari keluarga. Sekarang lo kerja jadi cakim di Tangerang, jauh dari keluarga. Ntar lo penempatan hakim harus ke luar jawa dulu beberapa tahun, jauuuuuhhhh dari keluarga lagi. Lo ga cape jauh dari keluarga? Lo ga pengen kumpul sama keluarga? Hah???!!!”

 

Perasaan gw kaya digedor-gedor maling. Diuyek-uyek kayak cucian. Diremes-remes kaya kertas ga kepake. (kira-kira pengistilahan gw udah cukup lebay ga sih? Hahahayyy). Masalah jauh dari kelurga emang udah gw mulai sejak SMP, jadi ga ada perasaan sedih gimanaaa gitu. Yang bikin gw sedih waktu sohib gw itu bilang “lo ga pengen kumpul sama keluarga?” hiks hiks hiks… pengen sepengen-pengennya, asli ga boong. Tapi gimana atuh, jalur kerjaan yang gw ambil mengharuskan gw ditempatkan di luar jawa beberapa tahun sebelum nanti masuk ke jawa lagi (itupun ga tau bisa apa ga nya). Hiks.

 

Gw coba jawab pertanyaan dia secara diplomasi: “Masing-masing orang punya jalan hidupnya sendiri-sendiri…” (Cieehh.. keren kan bahasa gw? Hahayyy… lanjuuutttt). “mungkin ini udah jalan hidup gw begini. Jauh dari keluarga sejak SMP, n nanti penempatan pun harus jauh dari keluarga. Gw cuma minta doanya aja dari lo, semoga gw baik-baik aja n bisa menjalankan tanggungjawab gw dengan baik.”

 

Priiiiiiiiitttt… asli, gw ngomongnya sambil sesenggukan pengen nangis terharu.

 

Wualah dalah, jawaban gw malah direspon serius sama dia. Dia malah bilang: “udah lah, gw tau lo pasti pengen deket sama keluarga kan? Kalo lo mau, lo berhenti aja dari cakim, trus lo jadi pns di pemkot C.”

 

JELEGGEEEEEERRRRR….. kayak ada gledek yang bunyi padahal ga ujan ga mendung.

 

Gila lo, emang lo kata gampang dapet kerjaan?

 

“Tenang aja. Lo ga usah panik gitu dong cuy. Yuk, kita ngadep ke Kang I (inisial walikota Kota C). lo kan udah kenal ama dia. Lo juga sering diskusi sama dia. Gw dan Kang I udah tau kemampuan lo. Dia pasti mau pertimbangin klo mau ikut pns di kota C.” omongan sohib gw itu bener-bener menggiurkan dan bikin gw plin plan…

 

Hadoooh… plin-plan? Go a head aja deh….  cikiciwwww… 🙂

 

 

 

 

Candita = Catatan Edi Hudiata

Sabtu, 21 Mei 2011 Pukul 21.45 WIB

Dari kamar hening di Ciwaktu,

kupersembahkan cerita ini untuk mereka yang plin plan,

Go a head!